4 Cara manfaatkan gula pasir untuk kecantikan tubuh

gula

SI,Jakarta- Gula pasir tak hanya lezat di lidah. Walaupun umumnya dimasukkan ke dalam makanan, ternyata gula pasir juga cocok untuk merawat kecantikan. Gula mengandung asam glikolat, asam alpha-hydroxy yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Asam glikolat alami gula tidak hanya membantu melembapkan kulit, tetapi juga melindunginya dari racun.

Mau tahu apa saja manfaat gula pasir bagi kecantikan Anda? Berikut ini kami tampilkan empat manfaatnya yang dirangkum dari situs MNN dan sumber-sumber lainnya.

1. Scrub tubuh
Jika dimanfaatkan sebagai scrub tubuh, gula memiliki banyak manfaat untuk kulit. Scrub dari gula akan membantu mengangkat sel kulit mati secara alami. Proses eksfoliasi ini akan menghilangkan noda di kulit tanpa menyumbat pori-pori, sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak di kulit.

Anda bisa membuat scrub dari satu cangkir gula pasir, beberapa tetes minyak zaitun, dan air perasan jeruk lemon. Gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih. Kulit Anda akan menjadi lebih lembut dan bersinar.

2. Atasi selulit
Butiran gula dan kopi bubuk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan selulit. Kedua bahan tersebut bisa menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit di permukaan kulit.

Buatlah scrub dari bubuk kopi dan gula pasir untuk mengatasi selulit. Campurkan kedua bahan tersebut dengan beberapa tetes minyak wijen atau minyak zaitun kemudian gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih.

3. Mengatasi bibir kering
Jika bibir Anda kering dan pecah-pecah karena perubahan suhu udara, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan pelembap khusus dari gula ini. Caranya blender beberapa sendok gula yang dicampur dengan beberapa tetes minyak jojoba atau minyak wijen. Haluskan hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bibir yang kering. Biarkan semalaman agar nutrisi pelembab dari campuran tadi meresap ke kulit bibir dan melembutkannya.

4. Mengangkat bulu
Jika Anda ingin melakukan sendiri waxing bulu-bulu di kaki dan tangan di rumah, Anda bisa mencoba waxing dengan larutan gula. Buatlah larutan wax dari dua cangkir gula pasir atau gula palem, 1/4 cangkir air perasan lemon, dan air. Tempatkan semua bahan dalam panci, kemudian masak hingga mendidih. Aduk setiap 15 detik. Begitu larutan mendidih (kurang-lebih 20 detik), segera angkat dari atas kompor, kemudian diamkan selama 10 menit hingga tidak terlalu panas lagi. Baru gunakan untuk waxing.

Itulah empat manfaat mengejutkan gula pasir untuk kecantikan. Selamat mencoba.

(merdeka.com)