Digugat oleh Petani, Kemendag Mempersilahkan

39_20140304070417

SI,Jakarta- Kemendag digugat petani tebu asal Kabupaten Pati dan Kudus, Jawa Tengah, perihal ekspor 325.000 ton yang dilakukan oleh BULOG, melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Selain itu, Petani juga melakukan gugatan untuk uji materi kepada Mahkamah Agung terkait harga patokan petani (HPP).

Terkait gugatan, Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan, mengatakan dirinya hanya menjalankan hasil rapat koordinasi yang dilakukan pada bulan januari tahun 2014. “Saya masuk bulan februari, saya hanya menjalankan hal tersebut.” Kata Lutfi yang menggantikan Menteri Perdagangan sebelumnya, Gita Wiryawan.(11/07/2014)

Lutfi juga mengatakan bahwa saat ini pihak Kementerian Perdagangan sedang menghentikan Impor gula, karena melihat saat ini gula dipasaran membludak. Penghentian ini dilakukan dalam kisaran 22.000 ton dari realisasi 325.000. “Jadi tidak ada impor baru lagi, daripada BULOG yang 22.000 ton,”jelas Lutfi.

Sedangkan untuk HPP, dia mempersilahkan petani untuk menggugat karena hal tersebut merupakan hak petani sebagai warga negara. “Saya sebagai yang bertanggung jawab dalam Perdagangan harus menjalani itu sesuai dengan amanat UU dan aturan yang berlaku,” kata Lutfi. (Ilfan Akbar)