Gendhis Multi Manis bangun pabrik gula di Madura

gmm

SI, JAKARTA-Pasokan gula di dalam negeri sepertinya bakal terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, tahun ini bakal ada pabrik gula baru yang dibangun. Yakni, pabrik gula di Madura yang akan dibangun oleh Grup Usaha Gendhis (Gendhis Group) yang beroperasi melalui PT Gendhis Multi Manis.

Direktur Utama PT Gendhis Multi Manis (GMM) Kamajaya mengatakan, mulai tahun ini perusahaan akan membangun pabrik gula (PG) Gendhis Madura Mukti yang berkapasitas 12.000 tetes tebu per hari (tone cane per day). Pembangunan pabrik ini diperkirakan bakal menelan investasi sekitar Rp 3,5 triliun, termasuk biaya untuk keperluan pembibitan.

Kamajaya menambahkan, saat ini tim peneliti yang teridiri atas Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), konsultan, dan dari internal perusahaan, tengah menyelesaikan studi kelayakan (feasibility study) tahap akhir. “Sekarang proses feasibility study sudah berjalan enam bulan,” katanya.

Kamajaya berharap perusahaan bisa memulai pembangunan pabrik gula ini sekitar bulan Mei 2014 atau Oktober 2014. Pembangunan pabrik ini diperkirakan memakan waktu sekitar tiga tahun. Gendhis Multi Manis juga akan bekerjasama dengan P3GI untuk membangun pusat pembibitan tebu. Nantinya, bibit tebu yang dihasilkan akan digunakan oleh petani tebu di Madura, sehingga pabrik gula tersebut mendapatkan jaminan pasokan tebu.

Menurut Kamajaya, potensi lahan tebu di Madura cukup besar. “Tanpa mengganggu lahan tembakau, potensi lahan tebu  yang teridentifikasi mencapai 150.000 hektare (ha) – 180.000 ha,” ujar dia. Ke depan, perusahaan berencana mengembangkan kapasitas pabrik gula di Madura. Dalam dua tahun setelah beroperasi, kata Kamajaya, perusahaan berencana meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 24.000 tcd.

(Kontan)