Harga Gula Kembali Naik Signifikan, Permintaan Tiongkok Kuatkan Sentimen

download (1)

SI,Jakarta- Harga gula di bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Kamis 25 September 2014 terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga gula di bursa ICE Futures US masih dipicu oleh sentimen data pengolahan tebu Brasil dan berita terkait permintaan gula Tiongkok.

Sentimen data Unica yang melaporkan adanya penurunan pengolahan tebu Brasil terpantau masih memberikan sentimen positif cukup kuat pada pergerakan harga gula ICE US. Pengolahan tebu Brasil yang dilaporkan turun dari level 42,1 juta ton pad September 2013 ke 39,89 juta ton, memberikan sentimen positif seiring penurunan supply gula Brasil selaku eksportir gula terbesar. Dampak dari sentimen tersebut, bahkan berhasil mengangkat harga gula yang sebelumnya dalam trend bearish kuat.

Selain faktor sentimen penurunan pengolahan tebu di Brasil, harga gula juga cukup terangkat oleh kabar terkait pembelian gula oleh industri Tiongkok. Adanya laporan terkait pembelian oleh industri TIongkok tersebut pada gula kontrak bulan September, memicu ekspektasi demand TIongkok terhadap gula untuk meningkat. Imbas hal tersebut, posisi sentimen pun semakin cenderung positif.

Pada penutupan perdagangan gula di bursa ICE Futures US, harga gula terpantau ditutup menguat signifikan. Harga gula berjangka ICE Futures US untuk kontrak Maret 2015 ditutup naik 1,13% ke tingkat harga $16,08/ton atau menguat $0,18/ton.

Sementara pada perdagangan gula putih di bursa LIFFE, harga gula putih juga ditutup menguat signifikan. Harga gula putih berjangka LIFFE untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,72% ke tingkat harga $418,50/ton atau menguat $3/ton.

Analis Vibiz Research Centre memprediksi harga gula masih berpotensi melanjutkan pergerakan menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi fundamental pada sisi demand dan supply yang masih positif kuat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $15,75-$16,5 paga gula ICE US dan $410-$430 pada gula putih LIFFE.

(vibiznews.com)