(Kebocoran Gula Rafinasi) Kadin Akan Somasi Kemendag

impor gula

SI,Jakarta – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) merencanakan akan mensomasi Kementerian Perdagangan bila persoalan bocornya gula rafinasi tidak tuntas. Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Perdagangan, Natsir Mansyur mengatakan upaya somasi karena merembesnya gula rafinasi yang khusus industri ke pasar konsumsi. “Kita minta supaya rembesan rafinasi ke pasar konsumsi ditindak pidana ekonomi, kalau tidak kita somasi perdagangan,” ujar Natsir di Jakarta.

Natsir mengatakan upaya simasi supaya kemendag memberikan sangsi kepada pelaku usaha yang melakukan praktek perdagangan gula rafinasi ke pasar konsumsi. Padahal gula rafinasi untuk industri. “Ini supaya ada efek jera, kita kasihan petani bangkrut, kayak gitu akibat perembesan. Itu secara sah didiamkam pemerintah,” jelasnya.

Selain itu, Natsir mengatakan produksi gula yang hanya mampu memenuhi kebutuhan konsumsi akibat bongkar ratoon yang tidak gesit. “Bongkar ratoon diperbaiki, ini 5 tahun bermasalah termasuk lahan yang sangat sulit juga rendemen tebu berkurang,” paparnya.

(Yanto)