Keinginan Swasembada Gula Pemerintahan Jokowi Masih Terhalang Tembok Tebal

__mendag-mengunjungi-pabrik-gula-pt-gunung-madu-plantations-1-1416659031
SI,Lampung-¬†Indonesia dalam pemerintahan terdahulu sering dikritik karena tidak berhasil dalam mewujudkan swasembada pangan bahkan kerap kali mengimpor. Kali ini, Indonesia dalam Pemerintahan Jokowi bertekad dalam tiga tahun dapat mewujudkan swasembada. “Ini merupakan pondasi pembangunan ekonomi nasional indonesia,”ujar Rachmat Gobel, Menteri Perdagangan.
Rachmat mengatakan percayalah pemerintah akan menyelesaikan masalah pangan. “Kita harus upayakan semaksimal mungkin untuk bisa diwujudkan 2017” ujar rachmat.
Berbeda pendapat dengan rachmat, gunamarwan, manajer keuangan PT. GMP, mengatakan waktu tiga tahun tidaklah cukup untuk swasembada gula. “Terutama kalau kita memulai start dari kebun, artinya kalau start kita,swasembada gula, semua dihasilkan dari kebun sangatlah sulit karena keterbatasan lahan. Nah, kalau swasembada gula dilihat dari produk (sisanya dipenuhi raw sugar untuk industri mamin) pada harga gula dunia turun,semua bisa tercapai,” ujar gunamarwan.

Menurutnya, Indonesia dalam tiga tahun hanya bisa mencapai swasembada gula konsumsi yang saat ini kurang 300.000 ton, sedangkan untuk mencapai swasembada gula hingga pemenuhan terhadap kebutuhan industri mamin terpenuhi, masih akan terdapat halangan.” Tiga tahun masih sangat sulit,” ujar gunawarman.

(Ilfan AKbar)