Kemendag Menstop Impor Gula

bayumurti

  SI- Jakarta- Di musim giling 2014 yang akan di mulai pada bulan mei, Kementerian Perdagangan mengklaim tidak akan memberikan izin impor untuk Gula Kristal Putih (GKP). Hal ini dilakukan untuk menghormati pabrik-pabrik gula yang sedang melakukan giling dan dirasa dapat memenuhi stok kebutuhan gula Indonesia. “kekurangan tampaknya sudah dicover pengilingan yang sudah masuk sekarang,” ujar Bayu Krisnamukti, Wakil Menteri Perdagangan. (22/5/2014).

                Pemenuhan kebutuhan gula, jelas Bayu, juga akan menggunakan stok gula yang berasal dari pedagang gula yang menumpuk di gudang. Ketersedian stok ini diakibatkan oleh pembelian berlebih yang dilakukan pedagang pada awal tahun 2013. Sayangnya, menurut Bayu, gula yang berada digudang telah menurun kualitasnya karena pedagang terlalu lama menyimpannya. “Jadi mereka modalnya mahal, kalau dia jual dengan harga dibawah itu. Mereka akan rugi. Ini situasi yang masih dicari solusinya,” kata Bayu.

                Akan tetapi, Bayu juga menjelaskan tetap akan melaksanakan impor dengan melalui perpanjangan tangan Bulog, apabila produksi yang dihasilkan pabrik gula dalam musim giling tahun ini kurang dari yang diperkirakan. “kita lagi tunggu laporan dari pabrik-pabrik gula bagaimana hasilnya,” jelas Bayu.

(Ilfan Akbar)