Kementan Tetapkan Lima Kebijakan untuk Wujudkan Swasembada Gula

001gamalnasir

SI,Jakarta- Pemerintah bertekad untuk mewujudkan program swasembada gula. Agar tercapai swasembada gula secara nasional, Kementerian Pertanian kini mulai menetapkan lima poin kebijakan. Kelima poin kebijakan tersebut mengarah pada peningkatan produktivitas gula nasional. Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir menjelaskan, lima poin kebijakan tersebut adalah proyeksi produksi nasional, penambahan luas areal kebun tebu, penetapan sepuluh provinsi pengembangan tebu di luar Pulau Jawa, revitalisasi on farmdan off farm serta pembangunan pabrik gula baru.

“Pemerintah telah menetapkan kebijakan pembangunan perkebunan demi mewujudkan swasembada gula nasional. Target swasembada gula ini penting karena kebutuhan gula nasional sampai 2019 diproyeksikan sebesar 6,61 juta ton,” kata Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Gamal Nasir.

Tentunya, sambung Nasir, kelima poin kebijakan tersebut tidak akan bisa dilaksanakan dengan baik bila seluruh stakeholder terkait tidak mendukung.“Program swasembada gula ini bukanlah program yang tidak mungkin diwujudkan. Bila semua pihak bisa bekerja dan bersama-sama melaksanakan lima kebijakan tersebut, maka swasembada gula akan bisa diwujudkan,” tegasnya.

(www.bumn.go.id)