KUNJUNGAN DUTA BESAR REPUBLIK FIJI KE AGI

????????

SI, Jakarta (15/7)- Siang tadi Duta Besar Republik Fiji, Mr.  S.T Cavuilati ditemani oleh salah satu sekretarisnya Mr.  Pauliasi Tokayasa berkunjung ke kantor sekretariat AGI. Diwakili oleh Wayan R Susila dan Muhammad Galih Wicaksono AGI menyambut baik kedatangan duta besar tersebut.  Kunjungan tersebut merupakan penjajakan awal bagi mereka untuk memahami kondisi pergulaan Indonesia.

Republik Fiji merupakan negara kepulauan yang kecil dekat dengan Australia.Meskipun begitu, mereka bisa mengekspor gulanya sampai ke Inggris. Masyarakat mereka hanya 600 ribu jiwa, namun geliatnya di dalam industri gula tidak bisa diremehkan. Dalam pertemuan tadi mereka menjelaskan bahwa mereka dibantu oleh India baik dalam investasi maupun teknologi.

Kunjungan mereka adalah yang pertama ke Indonesia. Mereka ingin mempelajari segala bentuk kebijakan pergulaan nasional, baik dari kelembagaan, sistem kepemilikan lahan (land  tenure), sistem produksi, kebijakan harga dan kebijakan lain yang berkaitan dengan produksi dan produktivitas.

Pada kesempatan ini  Wayan R Susila menjelaskan kelembagaan, terutama peran AGI dan APTRI. Di samping itu, dijelaskan pula berbagai kebijakan seperti kebijakan produksi dan perdagangan. Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan program swasembada yang masih belum berjalan secara efektif. Untuk perluasan ke luar Jawa, dijelaskan pula salah satu masalah yaitu masalah tanah terutama dari sisi kepastian hukum.  Dijelaskan pula bahwa  peluang investasi industri gula di Indonesia adalah cukup potensial karena pasar yang besar, lahan yang tersedia cukup luas, dan kebijakan pemerintah masih cukup protektif. Oleh karena itu, Duta Besar Republik Fiji memikirkan untuk memperluas pangsa ekspor mereka dan bila memnungkinkan mereka ingin berinvestasi serta bekerjasama dengan kita, semoga!

(Wayan R Susila)