PTPN IX Akan Revitalisasi PG Mojo Sragen dan Rendeng

pabrik-gulaok

SI,Jakarta- PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN) akan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dalam RAPBN-P 2015 sebesar Rp 400 miliar untuk merevitalisasi dua pabrik gula yang sudah berusia hampir dua abad.

Selain itu dana itu juga disiapkan untuk membangun satu pabrik gula baru di Jawa Tengah. “Revitalisasi pabrik yang dibangun tahun 1830. Kapasitas total dari 14.000 ton cane per day (TCD) akan 22.000 TCD,” ujar Direktur Utama PTPN IX Adi Prasongko di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat malam (30/1/2015).

Pabrik gula yang akan di revitalisasi PTPN yaitu PG Mojo Sragen Jawa Tengah dan Pabrik Gula Rendeng di Kudus Jawa Tengah. Saat ini kedua pabrik itu hanya memiliki kapasitas produksi sebesar 14.000 ton per hari.

Sementara itu, satu pabrik gula baru akan dibangun oleh perseroan berada di Jawa Tengah bagian utara. Rencananya, pabrik baru itu akan memiliki kapasitas produksi sebesar 10.000 ton.

“Otomatis kita berharap petani menanam tebu. Lahannya petani kita gak punya lahan. Harapannya dengan pabrik gula baru efisiennya meningkat, petani lebih berminat menanam tebu,” kata dia.

Fokus PTPN membangun pabrik gula berjalan lurus dengan target besar pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo yang menargetkan swasembada gula tiga tahun kedepan.

(Tribunnews.com)