Taksasi Gula Terbit Akhir Maret Tahun Ini

gula-putih_10012014193106

SI, Jakarta- Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengeluarkan takksasi gula pada akhir Maret 2014.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan pada akhir bulan ini akan ada pertemuan dengan Dewan Gula Indonesia yang meliputi Kementan, Kementerian Perdagangan dan Asosiasi gula dan tebu se Indonesia.

“Akhir maret ini kami akan rapat lagi dewan gula. Mudah-mudahan setelah ada taksasi ini, ada satu upaya-upaya atau langkah terkait hasil taksasi,” jelas Suswono pada pembukaan Gelar Teknologi Hasil Pertanian di Kementan, Rabu (19/3/2014).

Meskipun Suswono belum menyebutkan taksasi gula, namun ada kemungkinan pihaknya akan merevisi swasembada gula pada 2014.

“Kalau perlu mungkin kita revisi terkait swasembada gula tentu akan kami lakukan,” ujar Suswono.

Kementerian Pertanian mencatat realisasi produksi gula selama 2013 mencapai 2,54 juta ton dari produksi tebu sebanyak 35,4 juta ton dengan areal 464.644 hektar.

Sementara itu, target produksi gula terganjal dengan kurangnya pendirian pabrik gula. Target pendirian pabrik gula mencapai 20-30 pabrik gula pada 2014.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Gamal Nasir mengatakan sebabnya pabrik gula tidak maksimal karena banyak hal yang menyebabkan itu terjadi.

“Upaya pendirinan pabrik gula baru terkendala anggran dari investor, sebab ketika masyarakat mengetahui tanahnya akan dibangun pabrik seketika harganya naik sehingga negoisasi harga a lot karena naiknya bisa 10 kali lipat,” ujar Gamal.

 

(Yanto)